Profil Desa

KANTOR DESA


KANTOR DESA PAKUHAJI

BALAI MUSYAWARAH DESA


DATA KEADAAN PENDUDUK DESA PAKUHAJI TAHUN 2009

No. Nama lingkungan dan Nomor Urut RW Jumlah RT Jumlah KK Jumlah Penduduk Jumlah Nama RW
L P
1 KP. Bandukurung RW. 01 4 216 375 381 756 Caca Suryana
2 KP. Cikawati RW. 02 5 229 385 388 773 Encem Samsudin
3 KP. Cikawati RW. 03 4 210 344 352 696 Nana Mulyana
4 KP. Cikawati RW. 03 4 157 255 245 500 Dede Atik
5 KP.Cukangkawung RW. 03 4 152 264 260 524 Wawan Rinna B
6 KP.Cikawati RW. 06 5 277 495 475 470 Asep Ranata
7 KP. Pakuhaji RW. 07 2 127 219 204 423 Wawan Setiawan
8 KP. Cilengkrang RW. 08 3 185 320 305 625 Toto
9 KP. Babakan Leles RW. 09 2 83 158 145 304 Aep Suhendi
10 KP. Pakuhaji RW. 10 3 155 227 236 467 Jajang Rahmat
11 KP. Pari RW. 11 2 88 135 122 257 Ikin Iskandar
12 KP. Cilengkrang RW. 12 2 79 184 96 280 Ayi Daryana
JUMLAH 40 1958 3361 3209 6570




VISUALISASI DESA SIAGA
DESA PAKUHAJI
KECAMATAN NGAMPRAH
KABUPATEN BANDUNG BARAT

DATA UMUM
SUMBER DANA                 : APBN/APBD
ALOKASI DANA                 : Rp.160.000.000/127.570.068,-

PROFIL DESA
LUAS WILAYAH                 : 244 H
JUMLAH PENDUDUK      : 6570
JUMLAH LAKI-LAKI          : 3356
JUMLAH PEREMPUAN   : 3214
JUMLAH KK                        : 1958
JUMLAH RW                       : 12
JUMLAH RT                         : 40
JUMLAH TAMATAN D1  : 36 ORANG
JUMLAH TAMATAN D3  : 53 ORANG
JUMLAH TAMATAN S1   : 32 ORANG
JUMLAH TAMATAN S2   : 5 ORANG

PROGRAM KEGIATAN
1.       PELAYANAN KESEHATAN DASAR
a.       KIA :
BUMIL :
-          JUMLAH BUMIL NORMAL        :
-          JUMLAH BUMIL RESTI                                : 1
-          JUMLAH BUMIL KEK                   : -
BULIN :
-          JUMLAH NAKES                            : 7
-          JUMLAH NON NAKES                 : 1
BUPAS :
-          JUMLAH NORMAL                       : 8
-          JUMLAH KEK                                  : -
-          JUMLAH ANAEMIA                     : -
NEONATUS :
-          JUMLAH NORMAL                       : 8
-          JUMLAH BBLR                                                : -
-          JUMLAH SAKIT                              : -
KEMATIAN IBU/BAYI                                      : -/-
b.      KB :
-          PESERTA AKTIF/PASIF                                : 1242/113
ALAT KONTRASEPSI
-          IMPLANT/IUD                                               : 53/36
-          KONDOM/PIL/SUNTIK                               :
-          MOW/MOP                                    : 22/11
c.       IMUNISASI :
-          BSG/POLIO                                     : 12/10
-          CAMPAK/TT                                   : 11/6
-          HEPATITIS A/B/C                          : 8/8/10
d.      PENANGGULANGAN DIARE
-          PEMBERIAN ORALIT
2.       UKBM (UPAYA KESEHATAN BERBASIS MASYARAKAT)
a.       POSYANDU :
PRATAMA                           : 2
MADYA                                                : 10
MANDIRI                             : -
PESERTA AKTIF/PASIF    : 56/9
b.      TABULIN :
-          11 RW
c.       DASOLIN :
-          12 RW
d.      PAUD :
JUMLAH PAUD                  : 2
e.      DONOR DARAH :
JUMLAH PESERTA            : 100
PESERTA AKTIF/ PASIF   : 53/
f.        TOGA
-          1786 KK
g.       AMBULANCE                     : ADA
3.       SISTEM KESIAPAN PENANGGULANGAN KEGAWATAN DAN BENCANA
SARANA                               : TIDAK
PRASARANA                      : TIDAK
PELATIHAN/SIMULASI   : PERNAH
4.       KESEHATAN LINGKUNGAN
SARANA AIR BERSIH                                       : 3
SUMUR GALI                                                     : 87
PDAM                                                                   : 250
SPT DANGKAL                                                   :
POMPA LISTRIK                                                                :
PERLINDUNGAN MATA  AIR                        : 1571
JUMLAH MASJID/GEREJA                             : 14/-
JUMLAH VIHARA/KELENTENG                    : -/-
JUMLAH PASAR                                                                : -
JUMLAH TK/SD                                                 : -/1
JUMLAH SLTP/SLTA                                         : -/-
JUMLAH SMK/STM                                         : -/-
JUMLAH AKADEMI D1/D3                            : -/-
JUMLAH UNIVERSITAS                                  : -
JUMLAH HOTEL/WISMA                                               : -/1
JUMLAH TOKO/KIOS/RUKO                        :
JUMLAH KONTRAKAN/KOSAN                   :
JUMLAH KAKI LIMA (KHUSUS SEKOLAH)               : 7
JUMLAH DAMIU (AIR ISI ULANG)             : 3
JUMLAH KOLAM RENANG/SAUNA          : 1/-
JUMLAH PERKANTORAN                              : 1
JUMLAH SALON/BARBER SHOP                 : 1
JUMLAH RESTORAN/JASA BOGA                              : 1/-
JUMLAH INDUSTRI KAIN/CELUP                                : -
JUMLAH INDUSTRI MAKANAN/MINUMAN         : -
JUMLAH INDUSTRI OBAT/KIMIA                                               : -
JUMLAH BUSA/PLASTIK                                                                : -
JUMLAH WARUNG MAKAN                        : 4
JUMSIH/K3 (PERMINGGU/PERBULAN)  : 12/
JUMANTIK/PSN (PERMINGGU/PERBULAN          : -
TEMPAT PENGELOLAAN SAMPAH SEMENTARA (TPPS)   :
5.       PHBS (PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT)
LINAKES                                               : ADA
PENYULUHAN ASI EKSKLUSIF     : PERNAH
JUMLAH RUMAH                             : 1628
STATUS KELUARGA SEHAT/TIDAK SEHAT               : 1245/113
AIR BERSIH                                          : ADA
JAMBAN SEHAT                                                : ADA
PENYULUHAN KADARZI                                : PERNAH
PENYULUHAN LARANGAN MEROKOK    : PERNAH
PENYULUHAN TBC/DHF/AIDS/HIV           : PERNAH
PENYULUHAN NARKOBA/FLU BURUNG                : PERNAH
PENYULUHAN BENCANA                              : PERNAH
6.       KEGIATAN LAIN
PENGAJIAN (PERMINGGU/PERBULAN) : 15/12
DASAWISMA                                                     : ADA
OLAHRAGA (PERMINGGU/PERBULAN)  : 4/1


DATA MONOGRAFIS
DATA STATIS

DESA/KELURAHAN          : PAKUHAJI
KECAMATAN                     : NGAMPRAH
KABUPATEN/KOTA         : BANDUNG BARAT
PROPINSI                            : JAWA BARAT
TAHUN                                 : 2009
SEMESTER                           : IV

DATA UMUM
1.       Luas dan Batas Wilayah
a.       Luas Wilayah Desa/Kelurahan    : 280 ha
b.      Batas Wilayah Desa/Kelurahan  :
1)      Sebelah  Utara          : Desa Pasirhalang
2)      Sebelah Timur           : Desa Jambudipa / Kel. Cipageran
3)      Sebelah Selatan        : Desa Tanimulya
4)      Sebelah Barat            : Desa Cilame
2.       Jarak Pusat Pemerintahan Desa/Kelurahan dengan :
a.       Desa/Kelurahan yang terjauh                                     : 12 km 2 jam
b.      Ibukota Kecamatan                                                         : 5 km 1 jam
c.       Pusat Kedudukan Wilayah Kerja Pembantu Bupati : 4 km 1 jam
d.      Ibukota Kabupaten/ Kota                                             : 4 km 1 jam
3.       Kondisi Geografis
a.       Tinggi Pusat Pemerintahan Wilayah Desa/Kelurahan dari permukaan laut 700m
b.      Suhu maksimum/minimum 23 C 30 C
c.       Curah hujan
                                                               i.      Jumlah hari dengan curah hujan yang banyak     : 105 hari
                                                             ii.      Banyak curah hujan setiap tahun                              : 150 hari 3mm
d.      Bentuk Wilayah
                                                               i.      Datar sampai berombak                                                                : 10 %
                                                             ii.      Berombak sampai berbukit                                         : 90 %

LUAS WILAYAH/PERUNTUKAN LAHAN
1.       TANAH SAWAH
a.       Irigasi Setengah Teknis                                  : 12 ha
b.      Tadah hujan / sawah rendengan                               : 4 ha
2.       Tanah Kering
a.       Pekarangan/bangunan/emplasement   : 16,4 ha
b.      Tegal/Kebun                                                      :186,432 ha
3.       Tanah Keperluan Fasilitas Umum
a.       Lapangan Olah Raga                                        : 1 ha
b.      Taman Rekreasi                                                                : 5 ha
c.       Kuburan                                                               : 1 ha
4.       Tanah Keperluan Fasilitas Sosial
a.       Masjid/Mushola/Langgar                             : 1007m2
b.      Sarana Pendidikan                                           : 1625m2
c.       Sarana Kesehatan                                            : 84 m2
PEMBANGUNAN
1.        Jumlah proyek fisik yang dibangun di Desa/Kelurahan dalam 1 tahun      :
a.       Sektor Perhubungan dan Pariwisata        : 3 buah
b.      Sektor Kesehatan, Kesejahteraan Sosial, Peranan Wanita, Kependudukan dan Keluarga Berencana                                         : 1 buah
c.       Sektor Perumahan Rakyat dan Pemukiman         : 57 buah
2.       Pembiayaan Pembangunan Proyek di Desa/Kelurahan dalam tahun 2008 (Dalam Jutaan Rupiah)
a.       Biaya dari Pusat                                : Rp. –
b.      Biaya dari Propinsi           : Rp. 60.000.000,00
c.       Biaya dari Kabupaten/ Kota : Rp. 43.048.000,00
d.      Swadaya Penduduk  yang berbentuk Barang dan Tenaga (dinilai dengan uang) : Rp. 20.000.000,00
e.      Biaya dari Bantuan Luar Negeri  : Rp.-
f.        Jumlah Biaya      : 123.048.000,00
3.       Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
(Dalam Ribuan Rupiah)
a.       Jumlah Wajib Pajak         : 1688 orang’
b.      Target PBB (Pedesaan/Perkotaan)           : 62.345.078,00
SARANA PEREKONOMIAN DESA/KELURAHAN
1.       Koperasi
a.       Koperasi Simpan Pinjam                               : 2 buah
2.       Jumlah Toko/Kios/Warung                          : 107 buah
3.       Pangkalan Ojek                                                 : 5 buah
4.       Industri
a.       Besar dan Sedang                            : 1 buah
Tenaga Kerja                                      : 120 orang
5.       Perdagangan                                                     : 3 buah
Tenaga Kerja                                                      : 15 orang
6.       Angkutan                                                            : 1 buah
Tenaga Kerja                                                      : 30 orang
SARANA SOSIAL/BUDAYA
1.       PENDIDIKAN
Taman Kanak-Kanak (TK)
a.       TK Roudotul Atfal (RA)
-          Jumlah Sekolah                 : 7 buah
-          Jumlah Murid                    : 130 orang
-          Jumlah Guru/Pengajar  : 14 orang
-          Prasarana Fisik                  : 7 lokal
b.      TK Swasta Umum
-          Jumlah Sekolah                                 : 1 buah
-          Jumlah Murid                    : 35 orang
-          Jumlah Guru/Pengajar  : 3 orang
-          Prasarana Fisik                  : 1 lokal
: 48 m2
c.       Sekolah Dasar Inpres/Negeri
-          Jumlah Sekolah                 : 1 buah
-          Jumlah Murid                    : 272 orang
-          Jumlah Guru/Pengajar  : 13 orang
-          Prasarana Fisik                  : 1 lokal
: 646 m2
KELEMBAGAAN DESA/KELURAHAN
1.       KELEMBAGAAN
a.       LINGKUNGAN/DUSUN  : 3 buah
b.      RUKUN WARGA (RW)    : 12 buah
c.       RUKUN TETANGGA (RT)               : 40 buah
d.      KADER PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (KPM)   : 3 buah
-          Jumlah Anggota KPM                                 : 80 orang
-          KPM yang Terlatih                                       : 10 orang
-          KPM yang tidak terlatih                             : 70 orang
e.      DATA LEMBAGA SOSIAL MASYARAKAT
-          LPM                                                                   : 5 orang
-          BPD                                                                    : 11 orang
f.        DATA JUMLAH KADER PEMBANGUNAN DESA (KPD)
-          Jumlah Anggota KPD                                  : 5 orang
-          KPD yang aktif                                               : 5 orang
-          Pembina Teknis KPD Tingkat Desa/Kelurahan
1)      Berasal dari Instansi Otonom          : 5 orang
PRASARANA/SARANA PENGANGKUTAN DAN KOMUNIKASI
KELAS JALAN
1.       LALU LINTAS MELALUI DARAT    : 100 %
2.       SARANA UMUM YANG DAPAT DIGUNAKAN OLEH PENDUDUK DESA/KELURAHAN
a.       Sepeda/Ojek                     : 250 buah
b.      Dan lain-lain                       : 5 buah
c.       Jumlah                                  : 255 buah
SARANA JALAN DAN JEMBATAN
JENIS JALAN
1.       Jalan Kabupaten/Kotamadya      : 4.5 km
JEMBATAN
1.       Jembatan Kayu/Bambu
a.       Kondisi baik                                                                            : -
b.      Kondisi sedang                                                                      : 5 buah 30 m
c.       Kondisi rusak                                                                          : -
2.       Jembatan Lain-lain                                                                               : 12 buah 36m
a.       Kondisi baik                                                                            : -
b.      Kondisi sedang                                                                      : 12 buah 36m
PRASARANA PEMERINTAHAN DESA/KELURAHAN
1.       Balai Desa            : -
2.       Kantor Desa       : 1 buah
3.       Balai Kelurahan : - buah
4.       Kantor Kelurahan             : -
5.       Banyak Bengkok Perangkat Desa              : 4,6 ha
a.       Tanah Sawah                                     : -
b.      Tanah Kering                                      : 4,6 ha
c.       Tambak/Kolam                                 : -
d.      Lain-lain                                               : 0 ha
PEMERINTAH DESA/KELURAHAN
1.       KANTOR DESA/KELURAHAN
a.       Status Pemilikan                               : Milik Pemerintah
b.      Luas Tanah                                          : 756 m2
c.       Luas Bangunan                                  : 406 m2
d.      Kalau milik Pemerintahan
-          Dibangun tahun                        : 1991
-          Sumber Dana                             :
o   APBN                            : -
o   INPRES                         : -
o   APBD I/Propinsi        : Rp.25.000.000,00
o   APBD II/Kota/Kabupaten     : -
o   Lain-lain yang sah     : Rp.75.000.000,00
Jumlah                          : Rp.100.000.000
-          Bangunan Bertingkat              : tidak
e.      Kondisi Bangunan            : sedang
2.       JUMLAH PEGAWAI KANTOR DESA/KELURAHAN                : 10 pegawai
a.       PNS                                                        : 1 pegawai
b.      PIT                                                          : 9 pegawai
3.       KEJUARAAN LOMBA ANTAR DESA/KELURAHAN YANG PERNAH DIRAIH
a.       Juara I                                                   : -
b.      Juara II                                                  : -
c.       Juara III                                                                : 1 kali


DATA MONOGRAFIS
DATA DINAMIS

PEMERINTAHAN DESA / KELURAHAN
1.       JUMLAH PEGAWAI INSTANSI VERTIKAL DAN OTONOMI DI TINGKAT DESA/KELURAHAN NON PEGAWAI DESA/KELURAHAN
a.       Pegawai Golongan II       : 1 pegawai
2.       SARANA KERJA KANTOR
a.       Telepon Otomat/Non Otomat   : 1 buah
b.      Jumlah Mesin Tik                             : 2 buah
c.       Meja Kerja                                          : 10 buah
d.      Meja Kerja                                          : 10 buah
e.      Kursi Kerja                                          : 10 buah
f.        Meja Kursi Tamu                              : 2 buah
g.       Lemari/Kardek                                  : 3 buah
h.      Ruang Rapat                                       : 1 buah
i.         Ruang Data/ Operation Room    : 1 buah
j.        Kendaraan Dinas Roda 2               : 1 buah
k.       Mesin Hitung                                     : 4 buah
PERHUBUNGAN
1.       TRANSPORTASI
a.       Jenis Alat Angkutan Lokal yang digunakan di Desa/Kelurahan
                                                               i.      Becak                    : 1 buah
                                                             ii.      Mobil Dinas        : 3 buah
                                                            iii.      Truck                     : 1 buah
2.       KOMUNIKASI
a.       Penduduk Kecamatan yang menggunakan fasilitas listrik
                                                               i.      Listrik PLN           : 345 buah
Penduduk Desa/Kelurahan yang memakai air minum
-          PAM                              : 1 buah
-          Badan Pengelola Air                : 3 buah
-          Pompa Jet/Tangan  : 50 buah
-          Sumur                           : 90
3.       BIDANG POLKAM
Kejadian Kriminal
Jenis Kejadian
Banyaknya Kejadian
Kerugian
a.       Pencurian
3
Motor

Pembinaan Ketentraman dan Pertahanan Sipil
a.       Jumlah anggota Linmas/Hansip
Desa/Kelurahan                       : 20 orang